Perbedaan Penyakit Eksim Dan Psoriasis

Ada Yang Udah Tahu Perbedaan Penyakit Eksim Dan Psoriasis Belum? nah perlu anda ketahu, walaupun sama-sama penyakit kulit dan bentuknya hampir mirip, tetap saja ada perbendaan antara kedua penyakit ini.

Perbedaan Penyakit Eksim Dan Psoriasis

Lalu Dimana Letak Perbedaan Antara Penyakit Eksim Dan Proriasis ? Mari Kita Bahas Satu Persatu.

1. Penampilan Gangguan Pada Kulit
Eksim
Eksim atau dermatitis atopik merupakan suatu gangguan kulit kronik (telah berlangsung dalam waktu lama) yang biasanya mulai terjadi saat masa kanak-kanak. Kulit penderita biasanya akan terasa gatal, tampak kering, pecah-pecah, dan merah; bahkan hingga keluar darah atau cairan dari dalam kulit atau permukaan kulit tampak mengeras (krusta). Kadangkala, eksim juga menyebabkan terbentuknya suatu gangguan kulit seperti jerawat, penebalan kulit, dan luka terbuka dengan permukaan yang keras.

Psoriasis
Psoriasis merupakan gangguan kulit yang menyebabkan kulit menjadi kering, mengelupas, terasa gatal, dan berbercak kemerahan. Psoriasis plak merupakan jenis psoriasis yang paling sering terjadi, dengan ciri khas berupa adanya bercak kemerahan yang sedikit menonjol pada kulit. Psoriasis seringkali dimulai dengan terbentuknya sebuah benjolan kecil yang terus memburuk dan akhirnya dilapisi oleh sisik-sisik putih, yang membuat kulit tampak bersisik dan mengelupas.

2. Pada Wajah
Eksim
Bercak kemerahan pada eksim biasanya terasa gatal dan menggaruk kulit akan membuat keadaan kulit semakin memburuk, yang dapat menyebabkan terjadinya infeksi kulit atau perdarahan. Kulit kering pada penderita eksim juga dapat menyebabkan kulit menjadi pecah-pecah.

Psoriasis
Walaupun jarang, psoriasis juga dapat terjadi pada wajah, yang dapat menyebabkan gangguan kosmetik. Sekitar sebagian penderita psoriasis akan mengalami psoriasis di daerah kulit kepala, yang akan menyebar hingga ke leher, telinga, atau dahi.

3. Pada Tangan
Eksim
Eksim sangat sering terjadi pada tangan. Penderita eksim memiliki kulit yang sangat sensitif terhadap berbagai alergen atau iritan seperti bulu hewan, serat kain, cairan pelembab, sabun, atau bahkan air. Terlalu sering mencuci tangan dapat membuat kulit semakin kering.

Psoriasis
Psoriasis dapat terjadi pada punggung tangan, buku-buku jari tangan, atau telapak tangan. Psoriasis di daerah tangan biasanya membuat kulit sangat kering dan banyak mengelupas sehingga dapat mengganggu aktivitas anda sehari-hari serta dapat menimbulkan rasa nyeri. Psoriasis pada daerah tangan juga dapat mengenai kuku (psoriasis pada kuku), yang menyebabkan kuku berubah warna dan terlepas.

4. Pada Kaki
Eksim
Eksim pada kaki biasanya terjadi pada daerah lipatan kulit, seperti pada pergelangan kaki bagian depan atau pada bagian belakan lutut. Hal ini dikarenakan iritan (udara dan pakaian) dan keringat sering terjebak pada daerah lipatan kulit ini. Gesekan atau paparan antara iritan dan kulit dapat menyebabkan timbulnya eksim pada area ini. Bila eksim yang terjadi pada daerah lipatan kulit ini tidak segera diobati, maka eksim dapat terasa nyeri dan teriritasi, yang dapat menyebabkan terjadinya infeksi, perdarahan, dan keluarnya cairan dari eksim saat berkontak dengan pakaian.

Psoriasis
Psoriasis agak sering terjadi pada kaki dan kadangkala akan mengenai seluruh bagian kaki. Berbagai jenis psoriasis akan menimbulkan gejala yang berbeda-beda. Psoriasis plak biasanya akan menyebabkan timbulnya suatu bercak kemerahan besar dengan batas yang tidak jelas pada kulit, sementara psoriasis gutatae akan menyebabkan timbulnya bercak yang berbentuk seperti tetesan air.

5. Pada Daerah Lipatan Kulit
Eksim
Eksim dapat juga terjadi pada daerah lipatan kulit, terutama pada bayi. Hal ini dikarenakan oleh pemakaian popok pada bayi yang menyebabkan iritasi kulit (diaper rash). Beberapa bayi mengalami gangguan kulit karena alergi terhadap bahan pembuat popok atau tisu basah untuk membersihkan kulit bayi. Gantilah pampers bayi anda dengan popok kain yang terbuat dari katun dan gantilah tisu basah yang anda gunakan bila bayi anda mengalami reaksi alergi. Bila hal ini terjadi pada orang dewasa, maka anda dapat mencoba mengganti deterjen anda atau bahan pakaian anda.

Psoriasis
Psoriasis juga dapat terjadi pada daerah kemaluan, seperti pada daerah lipatan kulit, seperti pada ketiak dan pangkal paha. Psoriasis yang terjadi pada daerah kemaluan atau lipatan kulit dapat menyerupai eksim, tetapi psoriasis biasanya membentuk bercak kemerahan yang lebih besar. Psoriasis pada daerah kemaluan dapat mengganggu saat anda berhubungan seksual.

6. Pada Kulit Kering
Eksim
Eksim seringkali membuat kulit anda menjadi sangat kering dan rapuh sehingga kulit mudah mengelupas. Bagian bawah kulit yang mengelupas ini dapat menyerupai kulit yang terbakar akibat paparan sinar matahari. Bila kulit mengelupas, baik yang menyebabkan luka terbuka maupun tidak, diperlukan pengobatan yang baik agar tidak menimbulkan terjadinya infeksi kulit oleh bakteri maupun virus.

Psoriasis
Beberapa bercak psoriasis dapat tidak tampak kering atau mengelupas, kadangkala dapat terbentuk bercak kemerahan yang besar tanpa adanya sisik pada kulit. Beberapa bercak psoriasis akan tampak dilapisi oleh kumpulan kulit mati yang sangat tebal sebelum akhirnya mengelupas.

7. Keadaan Berat
Eksim
Eksim dapat menjadi berat, tergantung pada seberapa sensitif kulit penderita, iritan penyebabnya, dan seberapa efektif pengobatannya. Kulit yang pecah-pecah, perdarahan, dan keluarnya cairan dari kulit dapat berbahaya karena dapat menyebabkan infeksi bila tidak diobati dengan baik.

Psoriasis
Psoriasis dapat sangat mengganggu dan menyebar luas ke seluruh tubuh. Pada kasus yang berat, psoriasis dapat terasa dan terlihat seperti luka bakar dan membutuhkan pengobatan segera.

Nah Itudia Yang Membedakan Penyakit Psoriasis Dan Eksim Mungkin Saja Anda Belum Ketahui. kami ucapkan terima kasih banyak telah menyempatkan untuk mampir di solusialami.com.

(No Ratings Yet)
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *