Perawatan Dan Komplikasi Penyakit Herpes Zoster

Perawatan Dan Komplikasi Penyakit Herpes Zoster – Herpes adalah penyakit infeksi virus yang ditandai adanya pembentukan gelembung-gelembung berisi air (seperti kulit melepuh) berukuran kecil dan berkelompok, dapat menyerang kulit maupun mukosa.

Berikut adalah sebagian kecil mengenai penyakit tersebut :

  • Jenis : virus
  • Asal : dari virus cacar air yang berinkubasi (berubah bentuk)
  • Sifat : berbahaya, perih seperti disayat dan panas
  • Area : kulit

Komplikasi

Herpes zoster tidak menimbulkan komplikasi pada kebanyakan orang. Bila timbul komplikasi, hal-hal berikut dapat terjadi :

  1. Komplikasi yang paling umum adalah nyeri saraf pasca herpes.
  2. Infeksi kulit, kadang-kadang lepuhan terinfeksi oleh bakteri sehingga kulit sekitarnya menjadi merah meradang.
  3. Masalah mata, Herpes zoster pada mata dapat menyebabkan peradangan sebagian atau seluruh bagian mata yang mengancam penglihatan.
  4. Kelemahan / layuh otot pada saraf yang terkena, dampaknya adalah saraf motorik dan saraf sensorik yang sensitif. Hal ini dapat menimbulkan kelemahan pada otot-otot yang dikontrol oleh saraf.

Tips Perawatan

Tip perawatan yang dapat dilakukan Oleh penderita herpes adalah :

  • Nyeri awal dapat berkurang dengan mengompres bagian badan yang terkena dengan es batu (yang dibungkus dalam kain atau plastik).
  • Tetaplah mandi seperti biasa, karena bakteri di kulit dapat menginfeksi kulit yang sedang terkena cacar air.
  • Hindari pecahnya gelembung cacar air agar tidak meninggalkan parut permanen dengan : Tidak menggosoknya dengan handuk terlalu keras setelah mandi, Memberikan bedak talk yang mengandung menthol atau salisil pada lepuhan untuk mengurangi gatal, Menutup lepuhan dengan kain kasa yang lembut, Memakai pakaian katun yang longgar untuk mengurangi gesekan dengan kulit yang terkena.
  • Cuci tangan Anda dengan sabun dan air jika Anda telah menyentuh lepuhan kulit. Hindari bersentuhan dengan bayi dan anak-anak yang belum menderita cacar air, wanita hamil, orang yang sakit serius, dan orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Kunjungi dan baca juga larangan penderita herpes

Sekitar 1 dari 5 orang pernah terkena herpes zoster pada suatu saat dalam hidupnya. Dalam kebanyakan kasus, serangan herpes zoster terjadi tanpa alasan yang jelas. Kadang-kadang stres atau sakit dapat menjadi pemicunya tetapi lebih umum terjadi pada orang yang berusia di atas 50 tahun dan yang memiliki sistem kekebalan lemah.

Demikian penjelasan Perawatan Dan Komplikasi Penyakit Herpes Zoster yang kami buat, semoga informasi ini dapat memberikan manfaat.

(1 votes, out of 4.00 bestrate 5)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *