Penyebab Siklus Menstruasi / Haid Tidak Teratur

Pada sebagian wanita terkadang mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur. namun tak jarang mengenal penyebabnya. nah dengan demikian, sebaiknya perhatikan poin-poin penting tentang penyebab haid atau menstruasi tidak teratur dibawah ini. haid atau menstruasi tidak teratur

1. Kehamilan
Penyebab pertama dari tidak teraturnya siklus haid adalah kehamilan. Saat wanita hamil, maka secara otomatis haid atau menstruasi pun terhenti.

Oleh karena itu, jika anda mendapati diri anda tidak haid selama periode waktu tertentu, maka mungkin penyebabnya adalah karena anda sedang hamil, dan untuk itu anda perlu pergi kedokter untuk memastikan apakah memang anda sedang hamil atau tidak. Jika anda tidak hamil, maka kemungkinan haid anda tidak terjadi selama beberapa waktu tertentu disebabkan oleh hal lain.

2. Pil Kontrasepsi
Siklus menstruasi juga bisa terganggu karena alat pengontrol kehamilan. Beberapa jenis pil kontrasepsi dosis rendah bisa menyebabkan haid tidak teratur. Menurut Alyssa, hal itu merupakan efek samping dari konsumsi pil KB dan tidak terlalu membahayakan. Alat lainnya seperti IUD, spiral atau suntik KB juga bisa jadi penyebab haid tidak teratur.

3. Penurunan Berat Badan yang Drastis
Berat badan yang turun drastis dalam waktu singkat bisa berakibat pada telatnya menstruasi. Kondisi gangguan pola makan serius seperti anoreksia dan bulimia adalah penyebab utama orang mengalami penurunan berat badan drastis dan terlambat datang bulan.

4. Aktivitas berlebihan
Aktivitas berlebihan adalah penyebab haid tidak teratur berikutnya yang juga banyak dijumpai kasusnya sebagai penyebab tidak teraturnya siklus haid seorang wanita. Jenis aktivitas yang paling umum menyebabkan seorang wanita menjadi tidak teratur siklus haidnya adalah olahraga yang berlebihan.

Saat seorang wanita melakukan aktivitas berlebihan seperti olahraga yang berlebihan, maka itu akan memicu dilepaskannya hormon-hormon tertentu yang kerjanya bertentang dengan kerja hormon-hormon reproduksi estrogen dan progesteron.
Dan akibatnya adalah siklus haid menjadi tidak teratur.

Beberapa studi juga telah mengkonfirmasi, bahwa aktivitas yang berlebihan seperti olahraga yang berlebihan memang dapat membuat siklus haid menjadi tidak teratur dan bahkan dapat merusak kesuburan seorang wanita.
Salah satunya adalah studi yang dilakukan oleh sejumah peneliti di Harvard University, di mana penelitian tersebut mendapatkan hasil bahwa:

Atlet wanita yang melakukan olahraga secara berlebihan sering mengeluhkan bahwa siklus haid mereka selalu datang terlambat

dan bahkan tidak terjadi sama sekali dalam waktu yang lama.
Oleh karena itu, jika saat ini anda sedang mengalami ketidakteraturan siklus haid, cobalah untuk mengurangi aktivitas atau olahraga anda yang berlebihan, karena bisa jadi itulah penyebabnya siklus haid anda menjadi tidak teratur selama ini.

5. Gangguan Pada Kelenjar Tiroid
Kelenjar tiroid yang terdapat pada leher berfungsi mengatur metabolisme tubuh Anda. Kelenjar ini juga berinteraksi dengan banyak sistem tubuh yang lain agar berjalan dengan semestinya. Tapi ketika terjadi ketidakseimbangan pada tiroid, baik itu hipotiroid maupun hipertiroid, maka akan berpengaruh juga terhadap kelancaran siklus haid.

6. Hormon Tidak Seimbang
Menurut dokter spesialis kandungan Kolonel Dr Frits Max Rumintjap, SpOG(K), penyebab utama menstruasi tidak teratur adalah hormon yang tidak stabil. Keseimbangan hormon merupakan hasil dari suatu kerjasama antara otak, kandung telur, kelenjar di otak, serta kelenjar tiroid. Bila terjadi gangguan dalam peredaran hormon tersebut dapat menyebabkan siklus menstruasi wanita terganggu.

7. Stres
Dokter spesialis kandungan Alyssa Dweck, M.D., seperti dikutip dari Women’s Health menjelaskan bahwa hypothalamus, salah saut bagian dari otak sangat terpengaruh oleh stres. Hypothalamus adalah tempat bernaungnya banyak hormon yang mengatur periode haid. Jadi ketika stres mengganggu kinerja hypothalamus maka produksi hormon pun jadi tak seimbang.

8. Penurunan Berat Badan yang Drastis
Berat badan yang turun drastis dalam waktu singkat bisa berakibat pada telatnya menstruasi. Kondisi gangguan pola makan serius seperti anoreksia dan bulimia adalah penyebab utama orang mengalami penurunan berat badan drastis dan terlambat datang bulan.

9. Jamur atau Penyakit
Dr Frits mengatakan, jadwal mens yang berantakan bisa juga karena adanya penyakit seperti jamur. “Kalau misalnya dia seorang olahragawan, hidup dengan stres, haidnya jarang, seandainya ada penyakit bisa juga karena ada tumor,” tutur pria yang pernah menjadi konsultan ob/gyn di Universitas Padjajaran itu.

Ia menyarankan kepada para wanita yang mempunyai siklus menstruasi tidak normal sebaiknya segera konsultasikan ke dokter kandungan. Umumnya, bila permasalahannya karena hormon akan diberikan pil penyeimbang hormon. Namun bila ternyata ada gangguan penyakit biasanya akan ditindaklanjuti dengan obat atau operasi.

Itulah Penyebab Siklus Menstruasi wanita menjadi tidak teratur. semoga artikel ini dapat memberikan manfaat khususnya kepada wanita yang sedang mengeluhkan masalah dengan haid.

(No Ratings Yet)
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *