Pencegahan Penyakit Kista Ovarium Pada Wanita

Pencegahan Penyakit Kista Ovarium Pada WanitaKista ovarium merupakan jenis penyakit yang sering menyerang kaum hawa, maka dari itu mengenal upaya pencegahan sejak dini harus anda ketahui. adapun kista yang paling sering terjadi yaitu kista jinak atau kista yang tidak berbahaya, karena lalai dalam mengatur pola makanan menjadi salah satu penyebabnya berubah menjadi ganas.

Upaya pencegahan penyakit kista ovarium yang bisa dilakukan adalah untuk mengetahui secara dini penyakit ini dengan melakukan pemeriksaan secara berkala sehingga pengobatan yang dilakukan memberikan hasil yang baik dengan komplikasi yang minimal. pemeriksaannya meliputi :

  • Pemeriksaan klinis genekologik untuk mendeteksi adanya kista atau pembesaran ovarium lainnya
  • Pemeriksaan Ultrasonografi (USG) bila perlu dengan alat Doppler untuk mendeteksi aliran darah
  • Pemeriksaan petanda tumor ( tumor marker )
  • Pemeriksaan CT-Scan / MRI bila dianggap perlu

Pemeriksaan diatas sangat dianjurkan terutama terhadap wanita yang mempunyai resiko akan terjadi kanker ovarium, yaitu :

  1. Wanita yang haid pertama lebih awal dan menopause lebih lambat
  2. Wanita yang tidak pernah atau sulit hamil
  3. Wanita dengan riwayat keluarga menderita kanker ovarium
  4. Wanita penderita kanker payudara atau kolon

Selain Dari sisi pemeriksaan, untuk mencegah munculnya penyakit kista ovarium dianjurkan juga menjaga pola makanan serta mengatur gaya hidup. karena beberapa kebiasaan atapun pola hidup ini dipercaya pemicu tumbuhnya kista. jadi apa saja itu?

  • Menjaga pola hidup sehat.
    Salah satu hal terpenting yang harus Anda budayakan mulai saat ini juga adalah mejaga pola hidup sehat.
  • Kurangi makanan yang berkadar lemak tinggi.
    Mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak dalam kuantitas yang cukup besar dapat menyebabkan gagguan hormon dan meningkatkan hormon cotisol. Nah untuk itu ada baiknya Anda menjaduhi asupan lemak berlebih.
  • Konsumsi makanan yang mengandung antioksidan.
    Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung antoksidan maka akan melawan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas yang mungkin saja dihasilkan karena debu, polusi, atau bahan kimia lainnya.
  • Konsumsi sayur dan buah.
    Buah dan sayur banyak mengandung vitamin dan mineral. Dapat membantu Anda dalam meningkatkan stamina tubuh. Selain itu juga dapat menetralisir bahan kimia yang masuk ke dalam tubuh.
  • Menjaga kebersihan area kewanitaan.
    Beberapa kasus penyakit berhubungan dengan area kewanitaan yang disebabkan oleh infeksi mikroorganisme yang berkembang. Pencegahan sel-sel tumor agar tidak berkembang bisa Anda lakukan dengan senantiasa membersihkan dan menjaga area kewanitaan agar tetap lembap.
  • Riwayat kista.
    Anda harus mengetahui garis keturunan Anda, apakan ibu atau nenek Anda menderita kista serupa atau tidak. Jika ya, maka Anda memiliki peluang untuk menderita kista cukup besar, tetapi dengan melakukan pencegahan melalui pola hidup sehat maka Anda berpeluang kecil menderitanya. kunjungi dan baca juga obat herbal penyakit kista ovarium
  • Setelah menikan, usahakan hamil segera.
    Untuk yang sudah menikah, ada baiknya Anda segera mungkin mempunyai momongan. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya pembentukan kista. karena disebabkan oleh adanya frekuensi menstruasi dan aktivitas hormon.
  • Gunakan pil KB.
    Ternyata pil KB dapat meminimalisir resiko seseorang terkena kista karena ini mampu mencegah prosuksi sel telur.

Itulah Cara Pencegahan Kista Ovarium Sejak Dini yang dapat dilakukan oleh wanita yang berpotensi menderita penyakit tersebut.

(1 votes, out of 5.00 bestrate 5)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *