Makanan Dilarang Dan Dianjurkan Bagi Kelenjar Getah Bening

Makanan Dilarang Konsumsi Dan Dianjurkan Bagi Kelenjar Getah BeningTidak semua jenis makanan maupun minum boleh dikonsumsi oleh penderita kelenjar getah bening, dan diantara semua makanan, ada beberapa jenis makanan yang sangat dianjurkan konsumsi untuk membantu proses penyembuhan atau membantu menekan sel kanker agar tidak menyebar.

Makanan Yang Dilarang Konsumsi Bagi Penderita Kelenjar Getah Bening Diantaranya :

  • Daging Unggas – Biasanya untuk memacu pertumbuhan ternak atau unggas digunakan obat-obatan kimia termasuk hormon yang disuntikkan ke dalam tubuh. Suntikan hormon yang diberikan pada hewan ini ternak mirip dengan hormon anabolic pada manusia. Hormon tersebut diduga kuat memicu kanker prostat dan kanker kelenjar,
  • Sea food – Udang, kerang, kepiting, cumi mengandung kandungan lemak tinggi,
  • Sayur sayuran – Sayur Tauge mengandung zat yang dapat merangsang tumbuhnya sel kanker. sedangkan Sawi putih serta kangkung dapat menghammbat atau mengurangi efektivitas kerja obat. Cabai merangsang aktifitas bawah sadar sehingga menurunkan jumlah oksigen dalam tubuh,
  • Buah buahan – Lengkeng , nangka Durian, duku, nanas, dan anggur menghasilkan alkohol sehingga merangsang berkembangnya sel kanker,
  • Daging dan Ikan Asin – Daging (sapi, kerbau, kambing, babi) memfasilitasi pertumbuhan sel yang tidak normal,
  • Makanan yang Diawetkan – Makanan yang diberi bahan pengawet mengandung senyawa kimia yang dapat berubah menjadi karsinogen aktif sehingga mendorong sel kanker juga untuk tumbuh. Makanan yang dibakar juga, bagian yang gosong mengandung zat karsinogen,
  • Minuman ringan atau soft drink bersifat karsinogen. Es atau minuman dingin mengganggu kelancaran peredaran darah.

Setelah mengenal apa saja makanan dihindari, kini yang harus anda ketahui yakni makanan yang di sarankan konsumsi guna membantu pengobatan kelenjar getah bening yang sedang anda jalani. berikut sejumlah jenis makanan tersebut :

Buah-buahan dan sayur-sayuran
Diet tinggi porsi harian buah dan sayuran meningkatkan asupan antioksidan, vitamin dan mineral. Antioksidan adalah zat yang menetralisir molekul radikal bebas beracun yang mempromosikan penyebaran sel-sel kanker. Menghasilkan tinggi vitamin A dan C, yang menjaga sistem kekebalan tubuh Anda bekerja keras untuk melawan penyakit, dan makanan ini membantu Anda menjaga kalsium dan zat besi yang cukup untuk tulang dan kesehatan darah. Pilih sayuran hijau, brokoli, wortel, ubi jalar, mangga, jeruk dan varietas labu untuk menambah makanan Anda. Camilan buah-buahan segar sepanjang hari dan makan sayuran kukus sebagai lauk atau produk mentah dalam salad.

Biji-bijian utuh, kacang dan Fiber
Fiber melindungi Anda dari kanker dengan bergizi bakteri sehat dalam usus Anda, yang penting untuk memerangi penyakit. Biji-bijian dan kacang-kacangan adalah makanan kaya gizi tinggi serat. Roti gandum, sereal bekatul dan beras merah adalah makanan ringan yang bisa anda konsumsi agar tidak mengiritasi kerongkongan, dan jika Anda mengalami pembengkakan kelenjar getah bening leher. Makanan ini juga dapat membantu mencegah peradangan Anda mengalami sebagai gejala kanker.

Asam Lemak Tak Jenuh Ganda
Asam lemak tak jenuh ganda bisa mendapatkan keuntungan kelenjar getah bening Anda. Mereka mengandung dua atau lebih ikatan kimia tak jenuh dalam setiap molekul lemak, membuat cairan lemak pada suhu kamar. Mengkonsumsi makanan yang kaya asam lemak tak jenuh ganda dapat membantu mengurangi risiko limfoma non-Hodgkin, jenis kanker yang mempengaruhi kelenjar getah bening, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam “Annals of Oncology” di April 2006. mengkonsumsi kacang-kacangan, biji-bijian, ikan dan biji-bijian dapat membantu meningkatkan asupan lemak tak jenuh ganda dan berpotensi membantu melestarikan kelenjar getah bening yang sehat.

Vitamin D
Mengkonsumsi vitamin D, hormon juga dikenal sebagai calcitriol, juga dapat membantu menjaga kesehatan kelenjar getah bening Anda. Seperti lemak tak jenuh ganda, mengkonsumsi vitamin D dalam diet Anda dapat mengurangi risiko limfoma non-Hodgkin, menurut sama April 2006 studi di “Annals of Oncology.” Vitamin D muncul terutama penting untuk mengurangi risiko folikel limfoma non-Hodgkin. Mengkonsumsi produk susu, tahu dan sayuran hijau, yang merupakan sumber vitamin D.

Vitamin A
Vitamin A juga mungkin memainkan peran dalam mendukung kelenjar getah bening yang sehat. Retinaldehid – bentuk vitamin A – berinteraksi dengan kelenjar getah bening di sekitarnya saluran pencernaan Anda. Mengkonsumsi vitamin A memungkinkan untuk aktivasi gen yang tepat dalam kelenjar getah bening ini, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam “Journal of Immunology” pada Februari 2011. Gen ini aktivasi memungkinkan node untuk benar mengeringkan cairan getah bening di sekitarnya usus kecil Anda, sedangkan kegagalan untuk mengkonsumsi cukup vitamin A dalam diet Anda dapat mengganggu kelenjar getah bening drainase. Mengkonsumsi ubi jalar, kangkung, labu, wortel dan minyak ikan sebagai sumber vitamin A.

Selenium
Diet bergizi kaya selenium juga dapat mendukung fungsi kelenjar getah bening dalam beberapa kasus. Drainase getah bening yang tepat membuktikan penting untuk kesehatan Anda, karena ketidakmampuan kelenjar getah bening untuk mengalirkan cairan limfe menyebabkan penumpukan cairan dan pembengkakan, suatu kondisi yang disebut lymphedema. Banyak pasien kanker memiliki peningkatan risiko lymphedema karena pengangkatan kelenjar getah bening selama pengobatan. Mengkonsumsi selenite – senyawa yang mengandung selenium – dapat membantu mengurangi lympedema setelah operasi kanker, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam “Biological Trace Elemen Penelitian” pada bulan September 2005. Jika Anda memiliki kanker, berbicara dengan dokter Anda tentang kemungkinan manfaat mengambil selenium untuk mencegah atau mengurangi lymphedema.

Dan harus Anda ketahui juga tentang diet tambahan yang sehat agar tidak menyebabkan resiko terhadap kanker atau kesehatan tubuh.

Tips Diet tambahan
Ganti makanan tinggi lemak jenuh dengan protein tanpa lemak dari ikan, unggas panggang, kedelai atau kacang. Protein sangat penting dalam diet sehat karena membantu menjaga otot Anda kuat dan jaringan perbaikan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang kuat. Mengkonsumsi beberapa makanan kecil sepanjang hari untuk menjaga tingkat kekuatan dan energi Anda, tetapi juga untuk mencegah penurunan berat badan berlebih, yang mungkin hasil dari pengobatan. Bicaralah dengan dokter Anda tentang diet tertentu jika Anda memiliki keterlibatan kelenjar getah bening serius yang menekan nafsu makan Anda atau membuat makan sulit. Hindari diproses dan disempurnakan makanan, yang mungkin memiliki aditif yang mempromosikan penyebaran kanker.

Demikianlah ulasan lengkap mengenai Makanan Dilarang Dan Dianjurkan Bagi Kelenjar Getah Bening. semoga artikel ini dapat bermanfaat khususnya bagi anda yang menderita kanker kelenjar getah bening. harapan kami semoga anda juga lekas sembuh.

(No Ratings Yet)
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *