Faktor Penyebab Dan Gejala Penyakit Muntaber

Faktor Penyebab Dan Gejala Penyakit Muntaber baik itu bayi, anak dan orang dewasa. Muntaber atau gastroenteritis adalah keadaan dimana seseorang menderita muntah-muntah disertai buang air besar berkali-kali karena peradangan pada saluran pencernaan, khususnya lambung, usus besar, dan usus kecil.

Penyebab Muntaber

Penyebab penyakit muntaber oleh adanya peradangan pada usus yang disebabkan oleh bakteri atau penyakit lain seperti pprotozoa, cacing dan jamur. Selain itu muntaber juga bisa disebabkan keracunan makanan atau minuman yang disebabkan oleh bahan kimia ataupun bakteri.

Penyakit bisa mewabah akibat lingkungan hidup yang kurang bersih dan makanan yang telah terkontaminasi oleh bakteri. Selain itu muntaber juga bisa disebabkan oleh suatu virus yang dinamakan vibrio parahaemolyticus

Berikut ini faktor yang dapat menyebabkan penyakit muntaber :

Faktor Agent
Penyebab utama penyakit muntaber adalah peradangan usus oleh bakteri, virus, parasit lain (jamur, cacing, protozoa), keracunan makanan atau minuman yang disebabkan oleh bakteri maupun bahan kimia serta kurang gizi, misalnya kelaparan atau kekurangan protein.

Faktor Host

  • Usia: penyakit muntaber memang menyerang anak-anak, terutama pada usia dua hingga delapan tahun. Mereka mudah tertular karena daya tahan tubuhnya belum sekuat orang dewasa.
  • Jenis Kelamin: laki-laki dan juga perempuan
  • Ras: Di negara yang lingkungannya kurang bersih,seperti negara berkembang

Faktor Environment
Kondisi lingkungan yang kurang bersih dan sehat sehingga masih ada penyebab bakteri muntaber selain itu kurangnya kesadaran sosial terhadap kebersihan dan makanan yang dikonsumsi terkontaminasi bakteri. Sistem sanitasi yang tidak terjaga dengan baik juga memudahkan kuman untuk berkembang biak. Hujan yang terus menerus sehingga menimbulkan banjir dan lingkungan menjadi kotor, sangat potensial menimbulkan wabah muntaber.

Port of Entry and Exit

  • Melalui cairan dari mulut (muntah),yang kurang bersih membersihkanya
  • Melalui secret dari anus yang belum bersih,dan air yang dikunakan ikut tercemar karena muntaber menyebar melalui air

Tranmisi
Muntaber memang sangat mudah menular terutama melalui air, sehingga bila ada salah satu anggota keluaga yang terkena muntaber atau tetangga usahakan untuk mencegah faktor penularan tersebut.

Gejala Muntaber

Gejala muntaber adalah diantaranya sakit perut, kembung, mual dan muntah-muntah, muntaber juga dapat disertai demam tinggi, kepala pusing, tidak nafsu makan, lemas, dan elastisitas kulit menurun, bahkan untuk beberapa anak yang kekurangan cairan dalam tubuh akan mengalami halusinasi.

Gejala yang paling umum terjadi adalah nyeri perut atau mulas. ciri-ciri lain yang mungkin Anda rasakan adalah kram di perut, mual, demam, hilangnya nafsu makan, dan tentu saja, dehidrasi. Saat diare disertai dengan muntah berulang kali, itu artinya Anda terserang muntaber.

Baca Juga : Solusi Mengobati Muntaber

Jadi itulah beberapa hal yang menjadi penyebab dan gejala penyakit muntaber yang harus kita ketahui bersasama.

(No Ratings Yet)
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *