Bahaya Penyakit Miom Serta Pencegahannya

Kenali juga Bahaya Penyakit Miom Serta Pencegahannya yang wanita harus ketahui. adanya suatu bahaya umumnya karena keteledoran pada penderita yang tidak menyadari bahwa keluhan yang selama dirasakan merupakan gejala dari miom itu sendiri.

Bahaya Atau Komplikasi Miom

lalu apa saja efek negatif yang bisa ditimbulkan akibat tidak serius menangani penyakit miom? diantaranya :

1.Akan Menyebabkan Mensturasi Yang Sangat Menyakitkan
Wanita yang mengidap penyakit miom dapat mengalami pendarahan berlebih saat menstruasi, nyeri haid yang mencengkram, nyeri panggul dan menstruasi lebih dari batas normal.

2. Akan Menyebabkan Beser Atau Terus Buang Air kecil
Beser atau terus ingin buang air kecil dapat terjadi pada penderita miom, hal ini disebabkan oleh pembesaran miom yang menekan kandung kemih dan menyebabkan ruang kandung kemih menyempit.

3. Akan Menyebabkan Konstipasi
Susah buang air besar akibat tekanan benjolan miom pada rektum atau usus besar.

4.Akan Menyebabkan Nyeri Dan Bengkak
Perut mengembung, membengkak dan sakit akibat pertumbuhan sel yang terlalu cepat dalam rahim, rasa nyeri ini biasanya merambat pada pinggang dan punggung.

5. Akan Menyebabkan Rasa Sakit Saat Berhubungan Intim
Miom dapat terus membesar dan tumbuh di sekitar vagina, kondisi ini menyebabkan rasa nyeri saat hubungan seksual berlangsung, bahkan bisa mengalami pendarahan saat hubungan seks.

6. Anemia
Pendarahan yang disebabkan oleh penyakit miom dapat menyebabkan tubuh kekurangan darah atau anemia defisiensi besi, membuat tubuh lemas dan tidak bertenaga.

7. Mandul
Mandul juga salah satu bahaya dari penyakit miom. hal ini disebabkan terhalangnya dinding rahim (tempat janin berkembang), atau terhalangnya sperma saat membuahi sel telur.

8. Akan Menyebabkan Gangguan Kehamilan
Orang yang mengidap penyakit miom saat hamil, kemungkinan besar melahirkan bayi prematur, bahkan mengalami keguguran.

Pencegahan Penyakit Miom

Lantas bagaimana cara mencegah penyakit miom agar tidak menyerang rahim? berikut tipsnya :

  • Lebih banyak mengonsumsi sayuran dan buah
    Sayur dan buah mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Terutama untuk meningkatkan stamina tubuh dan menetralisis dampak bahan kimia yang masuk kedalam tubuh.
  • Mengatur asupan daging
    Atur porsi asupan daging Anda. Bukan berarti membatasi asupan daging, melainkan mengkonsumsinya lebih sering dalam porsi kecil. Hal lain yang penting untuk diperhatikan adalah, makanlah menu daging secaa perlahan-lahan. Aktivitas ini penting untuk menghindari proses pencernaan daging dalam jumlah banyak secara cepat. Kondisi tersebut cenderung memicu produksi hormone.
  • Makanan ber-GI rendah
    GI atau glycemic index, adalah takaran yang menunjukkan tinggi atau rendahnya kadar glukosa di dalam makanan. seperti; biji-bijian, dan kacang-kacangan. Pastikan Anda menambah porsi jenis makanan ini dalam menu sehari-hari.
  • Minum Air Putih
    Selain jenis makanan tersebut diatas, konsumsilah air putih secara rutin. Minimalkan atau bakan hindari minuman berkafein dan beralkohol serta batasi konsumsi makanan berkadar gula tinggi. kunjungi juga pantangan makanan penderita miom.
  • Tidur secara teratur
    salah satu cara efektif pencegahan miom, Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa tidur secara teratur dan cukup, akan memberi dampak baik bagi kesehatan yang memadai, sebab semua jenis saraf, kelancaran aliran darah dan pertumbuhan sel serta hormone tubuh terkait dengan faktor bekerja dan istirahatnya organ tubuh.

jadi demikian itulah mengenai bahaya serta pencegahan penyakit miom yang harus diperhatikan oleh anda, khususnya untuk wanita.

Review :
Bahaya Penyakit Miom Serta Pencegahannya
4.8 (95.38%) 13 votes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *