8 Pantangan Dan 9 Anjuran Makanan Penderita Rematik

Pantangan Dan Anjuran Makanan Penderita Rematik – manusia tidak bisa terlepas dari yang namanya makanan maupun minuman, namun jika kondisi kesehatan sedang sakit, harus cerdas dalam memilih makanan yang hendak dikonsumsi.

Makanan Pantangan Dan Anjuran Rematik

Makanan Pantangan Penderita Rematik

Makanan Pantangan Merupakan sesuatu yang dilarang konsumsi saat menderita suatu penyakit, khususnya jika sedang menderita Rheumatoid Arthritis atau rematik. Berikut 8 Jenis Pantangannya :

  • Produk Kacang-kacangan seperti susu kacang, kacang buncis.
  • Jeroan seperti usus, hati, limpa, paru, otak, jantung, dsb.
  • Makanan kaleng seperti, sarden, kornet sapi, dsb.
  • Makanan yang dimasak menggunakan santan kelapa.
  • Beberapa jenis buah-buahan seperti durian, air kelapa muda, alpokat,
  • Melinjo dan produk olahannya seperti emping, dll.
  • Makanan Dan Minuman Yang Mengandung Alkohol.
  • Sayuran hijau. Diantaranya seperti daun singkong, kangkung, bayam dll.

Anjuran Untuk Penderita Rematik

Kalau Yang Ini Merupakan Kebalikan Dari Pantangan, Dan Berikut Anjuran Makanan Bagi Penderita Rematik, Diantaranya :

  • Makana kaya beta karoten
    Karoten merupakan pigmen tumbuhan yang memberikan manfaat antioksidan, yang banyak terdapat dalam buah-buahan dan sayuran yang berwarna merah, kuning atau oranye , seperti contoh ubi jalar, wortel, labu kuning, ubi bit, dll. Sertakan makanan tinggi karoten dalam diet Anda untuk mengurangi risiko pengembangan rematik. Bahkan penelitian telah membuktikan bahwa hal ini dapat mengurangi hingga 50%, jika dikonsumsi secara teratur.
  • Teh Hijau
    Teh hijau terkenal baik untuk kesehatan secara keseluruhan, kaya akan antioksidan yang sekarang dikenal memiliki sifat menyembuhkan. Dalam beberapa tahun terakhir, ilmu pengetahuan telah menemukan bahwa mengkonsumsi teh hijau bagus untuk mempromosikan kesehatan. Dalam kasus rematik, teh hijau merupakan antioksidan yang disebut epigallocatechin-3-gallate (EGCG), yang bertindak sebagai agen anti-inflamasi, mengurangi rasa nyeri sendi, dan catechin dalam teh hijau juga meningkatkan kesehatan dan mencegah penyakit.
  • Makanan kaya Omega 3
    Tak hanya bagus untuk Turunkan Kolesterol dan Menuntaskan Penyakit jantung, omega 3 juga memiliki efek anti-inflamasi alami, sehingga sangat dianjurkan untuk orang dengan rematik. Penggunaannya secara teratur dapat membantu mengurangi peradangan dan membantu menyehatkan persendian. Beberapa studi telah menunjukkan bahwa konsumsi omega 3 banyak manfaatnya, tetapi dianjurkan untuk mengkonsumsinya dari sumber-sumber alami seperti ikan atau biji-bijian seperti biji bunga matahari, almond, atau kacang kenari.
  • Makanan yang kaya vitamin C
    Vitamin C adalah antioksidan yang sangat banyak ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran, selain bermanfaat mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh, juga mengoptimalkan metabolisme kolagen, dan protein yang merupakan kunci untuk kesehatan sendi. Kurang vitamin C dalam dieta dapat mempromosikan pengembangan rematik, oleh karena itu Vitamin C juga dianjurkan untuk keperluan ini. Makanan yang kaya vitamin C adalah buah jeruk, lemon, buah kiwi, dan sayuran seperti brokoli, kembang kol, dll. Kunjungi Juga Makanan Sehat Untuk Asam Urat.
  • Minyak zaitun
    Minyak zaitun atau olive oil terkenal baik untuk kesehatan jantung, namun juga mengandung oleocanthal, yaitu senyawa alami yang membantu mengurangi peradangan pada sendi – mirip seperti kerja aspirin atau penghilang rasa sakit. Sangat mudah untuk menambahkan olive oil kedalam makanan kita, dari mulai untuk dressing salad, dan lain-lain.
  • Makanan mengandung Antioksidan
    Senyawa ini adalah antioksidan yang banyak ditemukan dalam buah ceri, blueberry, stroberi dan blackberry. antioksidan juga ditemukan alam buah anggur merah dan terong. Antioksidan ini bermanfaat menghambat produksi zat pro inflamasi, atau zat yang menyebabkan peradangan. Ambil beberapa buah ini tiap hari untuk menghilangkan rasa sakit karena arthritis.
  • Jahe
    Jahe adalah rimpang herbal yang banyak digunakan dalam bumbu kebanyakan masakan Asia termasuk Indonesia. Jahe juga berkhasiat sebagai anti-inflamasi dan dapat digunakan untuk beberapa pengobatan. Sangat mudah mengkonsumsi jahe, cukup dimemarkan sedikit lalu ditambahkan kedalam air hangat untuk diminum.
  • Kunyit
    Kunyit juga herbal dari rimpang tanaman, juga banyak digunakan dalam bumbu masakan terutama masakan Asia. Kunyit seperti halnya jahe, ia juga memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu menghilangkan rasa sakit terkait dengan rematik atau nyeri sendi.
  • Bawang Putih
    Bawang merah memiliki manfaat untuk memerangi peradangan, termasuk pada sendi akibat rematik. Hal ini karena bawang merah merupakan sumber quercetin, yaitu zat yang bersifat antioksidan. Zat ini juga terdapat dalam bawang putih, tomat, anggur dan buah apel. Disarankan untuk mendapatkan makanan yang kaya akan quercetin dalam harian diet kita.

Itulah sejumlah anjuran dan pantangan makanan bagi penderita rematik. kapan memulai untuk mengkonsumsi dan menjauhi makanan diatas? yaitu sejak mulai merasakan gejala rematik dan telah divonis menderita rematik. semoga tulisan ini dapat bermanfaat.

(No Ratings Yet)
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *